hukum

Standar

ASAS-ASAS HUKUM AGRARIA

A. Pengertian hukum agraria

Hukum agraria adalah keseluruhan kaidah-kaidah hukum,baik yang tertulis maupun tidak tertulis yang mengatur agraria. Pengertian agraria meliputi bumi,air,dan kekayaan alam yang terkandung didalamnya.
Setelah merdeka bidang agraria masih diatur oleh peraturan-peraturan yang brasal dari zaman colonial belanda melalui pasal II aturan peralihan UUD 1945. namun sejak tanggal 24 september 1960 telah diundangkan di Jakarta UU pokok agraria,yaitu UU no 5 thn 1960 yang diundangkan melalui lembaga Negara no 104 tahun 1960.

B. UU no 5 tahun 1960

UU PA no 5 tahun 1960 ini berdasarkan hukum adat , dan hak-hak atas tanah yang dikenal dalam hukum agraria nasional kita ini adalah :
a. hak milik
b. hak guna usaha
c. hak guna bangunan
d. hak pakai
e. hak sewa
f. hak membuka tanah
g. hak memuat hasil hutan
h. hak-hak lain yang tidak termasuk dalam hak-hak tersebut diatas yang akan ditetapkan dengan UU.

Sedang hak-hak atas air dan ruang angkasa sebagai dimaksud dalam pasal 4 ayat (3) UU no 5 tahun 1960 adalah:
a. hak guna air
b. hak pemeliharaan dan penangkapan ikan
c. hak guna ruang angkasa

Semua hak atas tanah mempunyai fungsi sosial ini berarti bahwa hak atas tanah apapun yang ada pada seseorang tidaklah dikatakan bahwa tanahnya itu akan dipergunakan semata-mata untuk kepentingan pribadinya dengan kemungkinan menyebabkan kerugian atau gangguan dipihak lain,dan kalau tanah tersebut akan digunakan untuk kepentingan umum termasuk kepentingan bangsa dan Negara dapat dicabut haknya dengan mendapatkan ganti kerugian yang layak dan menurut cara yang diatur dengan UU.

Semua hak atas tanah wajib didaftarkan kepada kantor badan pertahanan oleh pemegangnya untuk menjamin kepastian hak dan merupakan bukti yang kuat terhadap piahk yang ketiga.untuk itu pemegang hak atas tanah akan mendapatkan suatu tanda bukti hak atas tanah yang disebut dengan sertifikat tanah.

Dengan berlakunya UU PA no 5 tahun 1960 maka semua hak atas tanah baik hak yang berdasarkan hukum tanah barat maupun yang berdasarkan hukum tanah adat harus disesuaikan dengan ketentuan UU PA. perubahan hak-hak atas tanah yang lama ke hak-hak atas tanah sesuai dengan ketentuan dalam UU PA yang disebut dengan konversi.
Acara konversi hak atas tanah tersebut tidak ada batas waktunya, tetapi untuk hak eigondom atas tanah yang pemegangnya bukan warga Negara indonesia atau badan hokum asing sejak mulai mulai berlakunya UU PA (24 september 1960) dengan jangka waktu satu tahun harus melepas hak atas tanah tersebut.

Hak eigondom kepunyaan pemerintah Negara asing yang dipergunakan untuk keperluan rumah kediaman kepala perwakilan dan gedung kedutaan,sejak mulai berlakunya UU ini menjadi hak pakai yang akan berlangsung selama tanahnya dipergunakan untuk keperluan tersebut diatas.

Negara menurut UU PA adalah organisasi kekuasaan dari seluruh rakyat dan bertindak selaku badan penguasa.hak menguasai dari Negara termaksud,memberi wewenang untuk:
a. Mengatur dan menyelenggarakn peruntukkan,penggunaan,poersediaan,dan pemeliaharaan bumi,air,danh ruang angkasa tersebut.
b. Menentukan dan mengatur hubungan-hubaungan hokum antara orang-orang denagn bumi,air,dan ruang angkasa.
c. Menetukan dan mengatur hubungan –hubungan hokum antara orang-orang dan perbuatan-perbuatan hukum yang mengenai bumi,air,dan ruang angkasa.

Wewenang yang bersumber pada hak menguasai dari Negara tersebut digunakan untuk mencapai sebesar-besarnya kemakamuran rakyat dalam arti kebahagiaan,kesejahteraan ,dan kemerdekaan dalam masyarakat dan Negara hukum Indonesia yang merdeka,berdaulat,adil dan makmur.

Kalau kita melihat UU PA no 5 tahun 1960 ada asas-asas yang terkandung didalamnya,sebagai berikut:
a. Hak menguasai ada pada Negara
b. Dasarnya adalah hukum adat
c. Pengakuan terhadap hak ulayat
d. Adanya fungsi sosial hak atas tanah
e. Tidak membedakan sesame warga Negara Indonesia,juga tidak membedakan laki-laki dengan perempuan,dalam hal pemilikan tanah
f. Tanah pada dasarnay harus dikerjakan secara aktif
g. Pemegang hak wajib memelihara tanah

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s